Pernah melihat gambar Kode QR dalam Format Kode Batang?  Pertama kali kukenal kode QR dari aplikasi bbm chat messenger.  Untuk menambahkan anggota bbm lainnya bisa cukup dengan scan gambar kode QR menggunakan kamera hape.  Namun sekarang, kutemukan banyak kode QR digunakan di berbagai situs, seperti contoh dalam gambar dibawah ini:

https://tiny.cc/susif/qr/image/L/300
Contoh Kode QR Code Cari Jodoh

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak dari pada kode batang.(soon,2008).

[jodoh.sayalagi.com]<ins class="adsbygoogle"
     style="display:block; text-align:center;"
     data-ad-layout="in-article"
     data-ad-format="fluid"
     data-ad-client="ca-pub-2888653388390249"
     data-ad-slot="3298364496"></ins>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
</script>[/jodoh.sayalagi.com_copyright]

Untuk membaca gambar Kode QR Cari Jodoh di atas, kamu dapat menggunakan ponsel yang memiliki aplikasi pembaca kode QR dan memiliki akses internet q atau WiFi atau 3G untuk menghubungkan ponsel dengan situs yang dituju via kode QR tersebut.

Pengguna ponsel hanya harus mengaktifkan program pembaca kode QR, mengarahkan kamera ke kode QR, selanjutnya program pembaca kode QR akan secara otomatis memindai data yang telah tertanam pada kode QR. Jika kode QR berisikan alamat suatu situs, maka pengguna dapat langsung mengakses situs tersebut tanpa harus lebih dulu mengetikkan alamat dari situs yang dituju.

Di antara Jenis-Jenis aplikasi yang dapat membaca kode QR antara lain misalnya Kaywa Reader yang dapat di instal pada ponsel nokia, iMatrix, aplikasi untuk iPhone dan ZXing Decoder Online yang dapat digunakan untuk mendekode kode QR berupa imaji dengan memasukkan URL image maupun dengan menguploadnya.

Baca: https://id.wikipedia.org/wiki/Kode_QR